SIMRS Digital Media Siap Terintegrasi SATU SEHAT
Layanan sistem informasi kesehatan di Indonesia terus berbenah dan melakukan transformasi menuju tata kelola sistem kesehatan yang kuat, tangguh, adaptif dan terintegrasi. Salah satu hasilnya adalah integrasi data rekam medis pasien di fasyankes ke sebuah platform Indonesia Health Services (IHS) atau biasa dikenal dengan platform SATUSEHAT yang secara resmi sudah di luncurkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Selasa (26/7) di Jakarta.
Platform ini dibangun merupakan hasil dari perwujudan pilar ke enam transformasi dari sistem kesehatan yaitu pilar transformasi pada bidang teknologi kesehatan yang diinisiasi oleh Menteri Kesehatan Budi Sadikin. Platform ini juga diharapkan dapat mendukung implementasi lima pilar transformasi sistem kesehatan nasional lainnya seperti transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan dan transformasi SDM kesehatan yang saat ini juga sedang berjalan.
simrsbridging.id atau SIMRS Digital Media mengikuti tahapan proses integrasi SIMRS ke SATU SEHAT mulai dari bulan Oktober tahun 2022, tahapan tersebut dari mulai sosialisasi awal, uji coba ke development environtment, pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik atau PSE hingga verifikasi di DTO Kementrian Kesehatan, saat ini SIMRS Digital Media sudah menjadi penyedia rekam medik elektronik.

gambar 1 : hasil tangkapan layar verifikasi

gambar 2 : SIMRS Digital Media menjadi salah satu penyedia Rekam Medik Elektronik di Indonesia
Dalam mengembangkan platform Rekam Medik Elektronik ini, Digital Media Integra mengadopsi model infrastruktur Software-as-a-service (SAAS) yang menghubungkan seluruh ekosistem yang ada di faskes kesehatan untuk menciptakan satu data yang dapat terintegrasi secara internal maupun external.
SIMRS Digital Media juga sedang melakukan uji coba Elektronik Surat Elegabilitas pasien ( E - SEP ) harapanya platform ini akan menjadi platform aplikasi yang memudahkan dari sisi pelayanan ke Pasien dan klaim ke BPJS Kesehata.

















